Tips Cara Membuat Sepatu Awet Tahan Lama Tidak Cepat Rusak Selalu Terawat


Tips Cara Membuat Sepatu Awet Tahan Lama Tidak Cepat Rusak Selalu Terawat

Hemat pangkal kaya memang bisa kita implementasikan pada kehidupan sehari-hari seperti membuat awet barang-barang yang kita miliki agar tidak keluar uang banyak untuk perbaikan dan pembelian barang baru yang seharusnya bisa dicegah dan diperlambat. Salah satu benda yang biasanya kita punya dan harganya cukup mahal adalah sepatu. Dengan membuat sepatu awet dan tahan lama, maka kita dapat terhindar mengeluarkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah pertahun. Uang sebesar itu kalau kita tabung maka kita bisa mengumpulkan banyak uang suatu saat nanti.

Beberapa Tips Cara Membuat Sepatu Kita Menjadi Tahan Lama Awet Bertahun-Tahun Kuat Tidak Rusak :

1. Gunakan Seperlunya

Kalau kita punya banyak sepatu, sendal, sepatu sendal, bakiak, dan lain-lain maka kita bisa memakai alas kaki lainnya untuk kegiatan yang berbeda sehingga sepatu kita tidak cepat rusak. Misalnya kelau punya sepatu formal untuk kerja maka taruh saja sepatunya di kantor sedangkan saat bekerja dan pulang kantor memakai sepatu atau sendal yang lebih murah harganya.

2. Rajin Dibersihkan dan Disemir

Bersihkan dan semir sepatu jika kotor, basah, lusuh, kering dan sebagainya sehingga penampilan sepatu bisa terjaga dengan baik. Jika rajin disemir dengan cara yang benar maka bisa membuat sepatu jadi awet bagusnya.

3. Letakkan / Simpan Di Tempat Yang Benar

Simpan sepatu di tempat yang kering tidak lembab dan terlindung dari sinar matahari langsung, hujan, debu, binatang, serangga, dan lain-lain. Kalau bisa masukkan ke dalam kotak dan diberi sesuatu yang dapat menyerap lembab dan uap air di dalamnya, lalu letakkan di dalam rak sepatu.

4. Hindari Hujan-Hujanan, Jalan Becek, Dll

Sepatu yang basah akan menjadi lembab dan mudah rusak baik di bagian dalam maupun di bagian luar sepatu. Lebih baik ganti sendal jepit karet biasa kalau mau hujan-hujanan atau meneduh dulu saat hujan turun. Setelah sampai tempat yang tidak hujan segera lap sepatu sampai kering dan bersih dari segala kotoran yang menempel.

5. Perbaiki Sepatu Jika Rusak Tidak Parah

Jika sepatu mengalami sedikit kerusakan seperti jebol, sol habis / tipis, bawahan lepas, jahitan lepas, dan lain-lain maka sebaiknya menggunakan solusi termurah yaitu dengan memperbaikinya di tempat reparasi khusus sepatu baik di tukang sol sepatu keliling maupun di lapak/toko khusus service perbaikan sepatu rusak.

6. Sesuaikan Pemakaian dengan Fungsi

Jangan menggunakan sepatu kulit formal untuk kerja kantoran untuk olahraga, untuk naik sepeda motor, untuk lari-lari dan lain sebagainya. Sepatu yang dipakai berlebihan memiliki resiko yang tinggi cepat rusak sebelum mencapai usia satu tahun.

7. Selalu Jaga, Awasi Sepatu dan Jangan Menaruh Sepatu Sembarangan

Sepatu yang bagus dan mahal cenderung jadi sasaran tindak pencurian di tempat yang kita sering lepas alas kaki seperti di masjid, mushola, restoran lesehan dan lain-lain.

Posted on December 30, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: